Bahan perawatan kulit yang cukup digemari adalah vitamin C yang kaya manfaat untuk kulit.

Bahan ini dapat dipakai semua jenis kulit dan kalangan usia.

Namun salah satu kekurangannya, vitamin C dikenal tak stabil.

Ini berarti produk yang Anda pilih, bagaimana Anda menggunakannya, dan bahkan di mana Anda menyimpannya adalah hal-hal penting yang perlu dipertimbangkan.

Menurut dokter kulit Robyn Gmyrek bitamin C adalah antioksidan paling melimpah di kulit manusia.

Tubuh Anda tidak dapat mensintesis vitamin C, sehingga harus diperoleh secara oral, melalui diet atau suplemen, jelasnya.

Namun, bahkan jika Anda memiliki asupan vitamin C yang tinggi, hanya sebagian kecil vitamin C yang akan tersedia secara biologis dan aktif di kulit.

Jumlah yang sangat terbatas diserap ke dalam saluran lambung Anda, dan kemudian masuk ke aliran darah.

dan akhirnya ke kulit Anda.

“Satu-satunya cara untuk meningkatkan ketersediaannya di kulit adalah dengan mengoleskannya secara topikal,” kata Dr.

Gmyrek.

Sebagai antioksidan kuat, vitamin C memerangi stres oksidatif, melindungi kulit Anda dari radikal bebas yang merusak, kata dokter kulit Geeta Yadav.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat berasal dari, antara lain, agresor lingkungan seperti polusi dan paparan sinar matahari.

Ini daapt memicu proses yang dikenal sebagai stres oksidatif, yang memecah kolagen dan mempercepat penuaan kulit.

Vitamin C dapat membantu menetralisir radikal bebas, mencegah kerusakan.

Dalam berita terkait, penelitian menunjukkan bahwa vitamin C topikal mengurangi pembentukan sel terbakar sinar matahari sebesar 40 hingga 60 persen, tambah Dr.

Gmyrek.

Bahan tersebut bahkan dapat mengurangi penanda spesifik kerusakan DNA yang disebabkan oleh paparan radiasi UV yang terkait dengan pembentukan kanker kulit, katanya.

Sebab itu, Anda dapat memakai produk vitamin C di bawah tabir surya Anda setiap pagi.

Selain itu, vitamin C dikenal karena kemampuannya untuk merangsang sintesis kolagen, salah satu protein utama kulit, yang bertanggung jawab membuat kulit terlihat kenyal dan tampak lebih halus.

untuk penampilan kulit yang lebih kencang, kencang, dan tampak lebih halus,” kata Dr.

Yadav.

Manfaat lainnya, vitamin C dapat membantu meratakan warna kulit, mencerahkan kulit, dan mengurangi pigmentasi yang tidak diinginkan.

“Ini menghambat aksi enzim tirosinase, enzim penting dalam produksi melanin [pigmen yang terjadi di kulit], sehingga mengurangi pigmentasi,” kata Dr.

Gymrek.

Jika Anda memutuskan ingin memanfaatkan vitamin C dalam perawatan kulit, Anda dapat menemukan produk terbaik dengan memperhatikan tiga faktor ini Vitamin C digunakan sebagai istilah selimut, karena ada sejumlah versi berbeda yang digunakan dalam formula perawatan kulit.

Banyak pro menganggap asam l-askorbat sebagai standar emas.

“Ini adalah yang paling aktif secara biologis, jenis yang paling umum digunakan dalam produk perawatan kulit topikal, dan yang paling banyak dipelajari,” kata Dr.

Gmyrek.

Satu-satunya kelemahan adalah sangat tidak stabil dan tidak menembus kulit dengan baik, dan juga memiliki kemungkinan paling tinggi menyebabkan iritasi, terutama pada mereka yang memiliki kulit sensitif, katanya.

Versi lain dari vitamin C dalam perawatan kulit termasuk ascorbyl-6-palmitate, magnesium ascorbyl phosphate (MAP), dan tetrahexyldecyl ascorbate (THD).

Jenis ini lebih stabil dan lebih mampu menembus kulit Anda, kata Dr.

Gmyrek.

Tapi lebih lemah, karena kulit Anda perlu mengubahnya menjadi asam askorbat pada aplikasi, catat Dr.

Yadav.

“Keuntungan menggunakan vitamin C dalam bentuk lain dapat mencakup peningkatan stabilitas, mengurangi iritasi, dan meningkatkan penyerapan, tetapi menurut saya, tidak ada yang benar-benar murni,” katanya.

Namun, perlu disebutkan juga, bahwa, secara umum, produk yang mengandung asam l-askorbat cenderung lebih mahal daripada produk yang menggunakan bahan dalam bentuk lain.

Konsentrasi vitamin C dalam formula juga penting.

“Agar suatu produk memiliki signifikansi biologis, perlu memiliki konsentrasi vitamin C lebih tinggi dari delapan persen, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa konsentrasi di atas 20 persen tidak meningkatkan efektivitasnya dan akan lebih mengiritasi.

Sebagian besar produk di pasaran saat ini , berkisar antara 10 hingga 20 persen,” yang merupakan kisaran yang baik untuk dituju, kata Dr.

Gmyrek.

Untuk kilit sensitif, Dr.

Yadav menyarankan untuk memulai secara bertahap; Anda juga dapat memilih formula yang mengandung salah satu jenis vitamin C lainnya.

Juga penting: Asam ferulat, antioksidan kuat lainnya, membantu menstabilkan asam l-askorbat, dan vitamin E bekerja secara sinergis dengan bahan tersebut, jadi carilah formula yang memanfaatkan ketiganya adalah ide yang bagus, kata Dr.

Gmyrek.

Kemasan juga penting.

Karena vitamin C – khususnya asam l-askorbat – mudah tidak stabil oleh sinar matahari dan oksigen, carilah produk yang disimpan dalam wadah buram dengan dispenser atas pompa, saran Dr.

Gmyrek.

Simpan di tempat yang sejuk dan gelap, tambah Dr.

Yadav.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, carilah vitamin C dalam serum, bukan pelembab.

“Serum adalah perawatan terkonsentrasi dan akan menjadi bentuk pengiriman yang paling ampuh ke kulit Anda,” kata Dr.

Yadav.

Oleskan ke kulit yang bersih dan kering di pagi hari, saat itu dapat bertindak sebagai lapisan pertahanan kedua di bawah tabir surya Anda; Pastikan untuk membiarkannya menyerap sepenuhnya ke dalam kulit selama beberapa menit sebelum memakai tabir surya.

Anda dapat menggunakannya lagi di malam hari (selama kulit Anda dapat menoleransinya), meskipun Anda tidak boleh menggabungkannya dengan produk lain, menurut Dr.

Gmyrek.

Bahan umum lainnya – benzoil peroksida, retinoid – dapat mengacaukan bahan, pada dasarnya meniadakan efeknya secara bersamaan, katanya.

Jika Anda ingin menggunakannya bersama-sama dengan bahan aktif lainnya, carilah dalam produk kombinasi yang sudah diformulasikan dengan semuanya untuk memastikan bahwa tetap stabil dan aktif, daripada melapisinya sendiri, jelasnya.

SHAPE

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *